Garut, 4 Oktober 2017 – Perhumas Muda Bandung menyelenggarakan workshop di Aula Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut pada hari Rabu, (4/10). Workshop yang bertema “Variety of Public Relations Skill” ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fikom Uniga, Dosen Fikom Uniga, dan ratusan mahasiswa Fikom Uniga. Acara ini merupakan salah satu program kerja Perhumas Muda Bandung untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon praktisi humas sebelum terjun ke dunia kerja.

Muhammad Sufyan selaku Sekretaris Umum Perhumas BPC Bandung yang menjadi pemateri pada acara ini menekankan pentingnya kemampuan menulis bagi seorang public relations. “Saat ini public relations harus bisa memanfaatkan berbagai media yang ada untuk memengaruhi opini publik dengan tulisan,” kata Sufyan yang juga merupakan Dosen Digital Public Relations Telkom University. Sufyan juga berpesan kepada para peserta agar memiliki kemampuan menulis yang bervariasi dan memiliki news value sehingga mampu dimuat oleh media. “Kemampuan menulis mutlak dimiliki mahasiswa ilmu komunikasi, khususnya mahasiswa humas. Bukan hanya asal menulis, tapi humas juga harus memperhatikan konten dan pesan apa yang ingin disampaikan ke publik,” tambah Sufyan.

Sedangkan Manajer Humas Bank Indonesia Jawa Barat Yayan Istiandi menekankan pentingnya kebaruan sebuah berita. “Prinsipnya, humas itu harus membuat berita sesegera mungkin. Humas tidak boleh terlambat menaikkan berita ke media,” tutur pria yang juga merupakan pencipta Mars Perhumas ini. Bagi Yayan, praktisi humas harus  memiliki kedekatan dan juga relasi yang luas dengan siapapun, termasuk dengan media. “Dalam prinsip humas tidak ada istilah tidak kenal. Humas harus kenal dengan semua stakeholder-nya, termasuk dengan media,” ucap Yayan.

Workshop ini diakhiri dengan praktek membuat press release bagi seluruh peserta agar mampu mempraktekkan ilmu yang diperoleh dari pemaparan materi sebelumnya. Acara ini merupakan salah satu langkah Perhumas BPC Bandung dan Perhumas Muda Bandung untuk memperluas wilayah kerja samanya agar tidak hanya di Bandung Raya saja, namun juga wilayah-wilayah di Jawa Barat lainnya.  Saat ini Perhumas Bandung memiliki cakupan di Bandung Raya, Purwakarta, Cirebon, Sukabumi, dan juga Garut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *