Sumedang – PERHUMAS Muda Bandung kembali melaksanakan PR Club untuk yang ketiga kalinya di Plumeria House Jatinangor, Sumedang, Sabtu (12/5). Mengambil tema Pentingnya Komunikasi Visual bagi Public Relations, PERHUMAS Muda Bandung mengundang Social Media Content Creator and Research Analyst Staff Humas Setda Kota Bandung Raesita Rakhmawati, serta Anggota Kelompok Grafis Fikom (KGF) Unpad Christoper Martin dan Siti Hashina Nur Widad.

Dalam pemaparannya, Raesita mengatakan bahwa pembuatan konten bagi PR tidak hanya asal buat, tapi harus berdasarkan formula yang diterapkan Lasswell, yaitu who, says what, in which channel, to whom, with what effect.

“Sebelum membuat konten, kita tentukan dulu apa fungsi humas di instansi kita, apa pesan yang akan disampaikan, media apa yang cocok untuk digunakan, siapa saja dan bagaimana karakter target sasarannya, dan apa efek yang yang kita harapkan. Efek jangka panjangnya tentu citra yang positif,” ujar wanita yang akrab dipanggil Sita ini.

Raesita juga memberikan tips bagaimana membuat konten PR agar memiliki engagement yang tinggi.

“Membuat konten yang memiliki unsur kedekatan dan menyentuh emosi publik akan mendapatkan impresi yang lebih banyak. Misalnya, membuat konten tentang nama-nama perabot dapur dalam bahasa Sunda yang akan membangkitkan emosi dan memori publik dengan barang-barang tersebut. Kita juga beberapa kali me-remake video yang sedang viral dengan versi kita,” tambahnya.

Ketua PERHUMAS Muda Bandung Rianto mengatakan, ini adalah program kerja yang dilaksanakan Departemen Kominfo untuk meningkatkan kemampuan anggota PERHUMAS Muda Bandung.

“PERHUMAS Muda Bandung sebenarnya mewadahi minat dan bakat anggotanya, khususnya yang berhubungan dengan dunia kehumasan. Ini adalah acara yang dibuat untuk teman-teman anggota yang menyukai desain, dan teman-teman yang ingin belajar lebih dalam mengenai desain,” kata Rianto.

Di sesi kedua, anggota PERHUMAS Muda Bandung mendapatkan pelatihan membuat CV kreatif dari Kelompok Grafis Fikom (KGF).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *